Lumpur Lapindo

Selasa, 24 November 2015

APAKAH ITU HAIKU, SENRYU DAN HAIKU MODERN ?


: Arsyad Indradi

Ada yang mengatakan bahwa haiku dan senryu itu, serupa tapi tak sama.Ada juga yang mengatakan bahwa haiku dan senryu itu  berjenis sendiri-sendiri.  Haiku suatu puisi  sangat serius, langitan, kontemplatif , lebih mengutamakan kualitas kata dan kedalaman makna,  terikat dengan kigo ( penanda musim). Sedang  senryu jenis puisi yang lebih santai, humor,  unik, satire dan kritik sosial.
Bagaimana senryu di mata haikus yang panatik dengan haiku klasik seperti  Matsuo Basho (1644–1694), Onitsura (1661–1738), Yosa Buson (1716–1783) dll. Mereka tidak mengakui senryu  adalah haiku. Sebab haiku merupakan bentuk puisi elit yang serius oleh kaum haijin.

Puisi senryu dikembangkan oleh seorang pujangga bernama Karai Senryuu,  seorang pejabat pemerintah di daerah Asakusa Edo (sekarang Tokyo), sebagai kepala desa di depan kuil Ryuhouzia, sebagai seorang hakim di Maekuzuke.  Karai Senryu tidak puas dengan haiku yang ada itu karena bersifat statis dan monoton. Karai keluar dari tradisi haiku itu. Tetapi Sakai tetap berpegang pada prinsif bentuk dasar haiku yakni  terdiri dari tiga baris, berpola 5-7-5 dan berjumlah 17 suku kata. Jenis senryu ini banyak pengikutnya di Jepang.

Haiku yang tumbuh ratusan tahun itu, terjadi pergolakan  yakni adanya  perkembangan  zaman. Muncul seorang haikus bernama Masaoka Shiki (1867-1902) yang merupakan seorang pembaharu yang merevolusionerkan haiku Jepang menjadi haiku modern. Menurut Shiki, haiku harus dibebaskan dari formalisme dan seni yang dibuat-buat.

Kalau kita menelusuri sejarah perkembangan haiku di Jepang maka  Masaoka Shiki sama-sama pembaharu haiku dengan Karai Senryu. Bedanya Masaoka Shiki lebih ekstrim.  Itu pun karya-kaya dari Masaoka Shiki dikataka orang jenis senryu.

Bagaimana haiku yang menyebar ke seantero dunia  ?  Kalau haiku di Negara lain seperti Amerika, Rusia, Italia, Pilipina, Inggris dll.tentu menyesuaikan dengan struktur dan gramatika dari Negara tersebut. Tak ketinggalan juga Indonesia.

Lalu kita bertanya apa beda penyebutan haiku, senryu dan haiku modern ? Setelah melihat perkembangan dari haiku, tidak ada perbedaan yang mendasar antara haiku, senryu dan haiku modern. Sama-sama  memegang  prinsif bentuk dasar haiku yakni  terdiri dari tiga baris, berpola 5-7-5 dan berjumlah 17 suku kata Kecuali haiku modern bisa kepola lain misalnya 5-5-7, 7-5-5 dsb.  Perbedaan haiku, senryu dan haiku modern  tidak begitu mendasar hanyalah terletak pada perluasan garapan objek dan perluasan kigo saja.seperti perluasan suasana, peristiwa dll.*******


Salam Haiku Indonesia.

Tidak ada komentar: