Lumpur Lapindo

Jumat, 05 September 2008

BAB III,IV DAN V ANTOLOGI PUISI ”KALALATU” DLM SKRIPSI NOOR HANA


BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Metode

Dilihat dari tujuan dan sifatnya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasikannya.

Sesuai dengan teori, kajian sastra khususnya puisi, mempunyai berbagai teknik pendekatan. Teknik pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif dengan cara melukiskan sifat-sifat utamanya. Pendekatan ini digunakan karena pembahasan mengenai puisi dilepaskan dari siapa pengarang dan lingkungan sosial budaya zamannya, sehingga karya dapat dianalisis berdasarkan unsur-unsur utama yang membangunnya.

3.2 Teknik Pengumpulan Data

Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebagai berikut :

1. Teknik kepustakaan, yaitu teknik dengan cara mengumpulkan bahan acuan yang dapat dijadikan sumber dalam menganalisis karakteristik puisi.

2. Membaca dan memahami puisi. Untuk memahami unsur-unsur utama puisi, maka yang pertama-tama dilakukan adalah membacanya, sehingga dapat mengetahui makna dan keterkaitannya secara keseluruhan. Hasil pemahaman ini dapat digunakan untuk menghubungkan atau menerapkan butir-butir yang telah dibahas pada Bab II dengan beberapa teks puisi pilihan dalam antologi “Kalalatu”.

3.3 Sumber Data

Data yang digunakan dalam penulisan ini bersumber dari antologi puisi Arsyad Indradi “Kalalatu” sebagai fokus utama kajian dan buku-buku yang relevan dengan masalah yang ingin dipecahkan.

TEKNIK ANALISIS DATA?

1 komentar:

kalalatu mengatakan...

blognya bagus dan menarik

salam

kalalatu.com