Lumpur Lapindo

Jumat, 19 Desember 2008

Komentar : Usai Aruh Sastra V Kalimantan Selatan

Pada hakikatnya niat dan tujuan mengadakan Aruh Sastra adalah ajang silaturahmi para sastrawan, menampilkan karya masing-masing daerah kabupaten dan kota yang berada di Kalsel, dan mengevaluasi perkembangan sastra di daerah masing – masing dan Kalsel secaca umum. Kemudian hasil dari evaluasi itu dibutiri baik yang sudah maju atau yang masih kurang, semuanya dihimpun dalam sebuah rekomendasi baik yang bersifat internal mau pun eksternal. Seterusnya, setiap pelaksanaan Arus Sastra berikutnya dibuka grafis perkembangan sastra Kalsel tersebut agar menjadi cermin pelaksanaan Arus Sastra berikutnya.

Selama ini kita berharap bahwa Aruh Sastra yang setiap tahun diadakan itu memenuhi apa yang dimaksud di atas. Hemat saya kalau akan mengadakan Arus Sastra berikutnya itu idealnya harus sudah punya program acara yang disepakati dalam sebuah forum dengan melihat dan mempertimbangkan dari hasil setiap pelaksanaan Aruh Sastra.

Aruh Sastra yang sudah berjalan lima kali ini yakni Aruh Sastra V se Kalsel di Kabupaten Balangan, Paringin 12-14 Desember 2008 tentu ( hendaknya ) membawa kepuasan perkembangan kesastraan Kalsel dan siap terus meningkatkan manakala masih ada kekurangannya. Kekurangannya itu termasuk dari segi kesiapan panitia dengan segala tetek bengek lainnya tapi paling tidak meminimalkan kekurangan itu. Saya yakin Aruh Sastra yang keenam yang akan dilaksanakan di Kabupaten Barito Kuala, Marabahan ( 2009 ) nanti melunaskan harapan kita itu. Semoga. *** Arsyad Indradi

Tidak ada komentar: